Follow Us Now On Twitter

Wednesday, June 22, 2011

Perkembangan Sepeda Lipat

2:15:00 PM

Sepeda lipat atau Seli tak akan muncul jika sepeda tak diciptakan. Ahli sejarah mungkin tak akan pernah bisa mengidentifikasi kapan sepeda diciptakan. Beberapa orang mengklaim, Leonardo Da Vinci menciptakan sepeda berdasarkan sketsa yang ditemukan di Codex Atlanticus. Meski sketsa ini dinyatakan palsu, Da Vinci masih disebut sebagai pencipta sepeda.

Sekarang-sekarang ini sepeda lipat kembali menjadi trend, bagi para penggemar sepeda. Dan ternyata sepeda lipat itu sudah ada sejak 1890an! Simak dulu deh perkembangannya berikut ini!

Tahun 1890-an
Banyak yang mematenkan desain sepeda lipat. Mulai dari Michael B. Ryan dari Amerika Serikat. Henry Gerard dari Perancis. Ia malah menciptakan Seli sebagai perlengkapan tempur untuk militer. Pabrikan Seli di Eropa mulai bermunculan seperti Dursley-Pedersen (England), Faun (England), Fongers (Holland), Peugeot (France), Bianchi (Italy), Leitner (Rusia).








Era PD 1 dan PD 2
Perang dunia pertama, sepeda lipat banyak digunakan untuk paratatroopers (penerjun payung). Contohnya merk pabrikan Inggris BSA (Birmingham Small Arms) ini. Pada perang dunia kedua, pabrikan Columbia asal AS memproduksi Compax untuk keperluan penerjun payung militer. Tapi alih-alih dilipat, Columbia memproduksi frame separated (terpisah).


















Tahun 1970-an
Produk sepeda lipat mulai booming di AS dan Inggris. Salah satu produk AS yg paling laku dan populer adalah Raleigh Twenty Stowaway. Diperkenalkan tahun 1971 dan diproduksi sampai tahun 80-an. Produk inilah yg pertama kali mempopulerkan hub bearing, tepatnya Sturmey-Archer 3-speed hub. Di era ini hampir semua negara di eropa barat mempunyai pabrikan sepeda lipat. Beberapa diataranya di Perancis ada Peugeot, Italy ada Bianchi dan juga Graziella dan Formicone. Era ini juga dikenal produk sepeda lipat yang murah meriah dikenal dengan u-frame.






Era 1980-Sekarang
Kemajuan teknologi membuat produsen sepeda lipat membuat sepeda ini semakin menarik dengan keringanan, model, etc. Yaaa dengan peningkatan mutu itu juga, jangan kaget harga sepeda lipat langsung melambung tinggi.Dahon

Strida

Birdy

Source

Tags

Labels

Blog Archive

Archives