Follow Us Now On Twitter

Monday, July 11, 2011

5 Kebiasaan Buruk dalam Berolah Raga

Banyak informasi yang tidak tepat mengenai program diet dan olah raga. Berikut adalah 5 kesalahan terbesar dalam berolah raga yang sering secara tidak sadar kita lakukan.

1. Mengulang-ulang

Banyak di antara kita yang melakukan latihan yang sama sepanjang waktu. Ketika kita sudah terbiasa melakukan latihan tersebut, misalnya lari, latihan itu akan menjadi semakin mudah karena fisik kamu semakin kuat dan tahan lama. Melakukan latihan yang sama secara terus menerus juga bisa berisiko cidera karena otot-otot yang biasa kamu gunakan terlalu lelah sementara otot-otot yang lain melemah karena tidak mendapat perhatian. Lakukan beragam latihan untuk memperkuat dan meningkatkan daya tahan otot-otot kamu.

2. Santai-santai

Banyak dari kita yang datang ke gym hanya untuk ngobrol daripada berlatih. Yang lain terkadang hanya sekedar menggunakan peralatan yang ada tanpa mengetahui cara yang benar untuk menggunakannya (padahal petunjuknya ada di alat tersebut). Jika kamu tidak berkeringat, berarti kamu butuh porsi latihan lebih dan lakukan latihan dengan benar.

3. Terlalu serius

Jika kamu baru memulai rutinitas berolah raga, jangan berolah raga terlalu berat karena akan melelahkan mental dan bisa menimbulkan cidera fisik. Jangan berharap kamu bisa langsung berolah raga tanpa henti 7 hari seminggu. Tetapkan target yang realistis dan lakukan latihan secara bertahap. Dengan begitu kamu akan bisa menikmati aktifitas baru kamu.

4. Pemanasan

Masih sering kita dengar cerita orang yang bersauna dengan berpakaian lengkap (bahkan ada yang menggunakan baju plastik) untuk mengurangi berat badan. Cara ini sesungguhnya tidak efektif. Aktifitas seperti itu bisa merusak kesehatan bahkan bisa mengancam nyawa akibat panas dan dehidrasi. Selalu gunakan pakaian yang nyaman saat berolah raga. Jangan lupa minum air yang cukup untuk membantu pendinginan tubuh secara alami.

5. Memanfaatkan peralatan canggih

Banyak alat-alat canggih yang ditawarkan untuk membantu kamu berolah raga. Ada alat berelektroda untuk mengecilkan perut, atau sepatu lari yang menjanjikan kinerja yang lebih baik. Namun seringkali, peralatan-peralatan itu hanya menjadi pemborosan bahkan bisa mengakibatkan cidera. Tak ada pil ajaib untuk berolah raga. Teruslah bergerak dan minta nasihat pelatih sebelum membeli peralatan yang tepat sesuai kebutuhan kamu.
Source: http://blog.foodnetwork.com/healthyeats/2011/06/08/top-5-worst-exercise-habits/
Sent from my BlackBerry®
powered by BIR HITAM & TELOR KAMPUNG

Tags

Labels

Blog Archive

Archives