Follow Us Now On Twitter

Wednesday, August 17, 2011

Jangan Langsung Buang Baterai Laptop yang Soak

6:58:00 AM

Baterai laptop yang sudah soak ternyata masih bisa dipakai. Misalnya sebagai sumber daya untuk lampu darurat yang dikembangkan siswa siswi SMP Negeri 5 Yogyakarta. Inovasi daur ulang baterai laptop itu dipamerkan dalam acara Ritech Expo, dalam rangka peringatan Hari Teknologi Nasional, Rabu (10/8/2011).

Untuk memakai baterai laptop soak buat lampu darurat cukup mudah, tinggal sambungkan baterai laptop bekas ke lampu dengan kabel dan colokan yang sesuai, maka lampu sudah bisa menyala.

“tidak perlu alat apa – apa, cuma kabel,” Fara Azmiarrisqi, salah satu siswa yang terlibat dalam penemuan.

FARA yang kini masih duduk di kelas 8 ini mengatakan, jenis lampu darurat yang digunakan adalah LED. “karena selain ini bisa cukup untuk kondisi darurat, tetapi juga membutuhkan daya yang sedikit lebih terang.” Jadi, baterai soak pun bisa dipakai, “sambung Fara.”

Berdasarkan uji coba, jika didayai Dan baterai soaking, lampu LED bisa digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

“kalau untuk sekitar jam 5-7, bisa.” Besoknya lagi juga masih bisa dipakai. Jadi bisa membantu misalnya kita sedang belajar malam hari“, kata Fara.

Sayangnya, Fara dan rekannya belum bisa mengatakan dan pasti batas maksimal menyalakan lampu darurat dari baterai laptop soak ini. Meski demikian, pemikiran ini cukup inovatif, ada semangat sejalan reduce, reuse, dan recycle.

Jadi, teman-teman jangan buru-buru membuang baterai laptop sekarang. Jika fungsi kurang dari 30 persen baterai dan sudah sering drop cepat, ingat bahwa barang itu masih bisa dipakai untuk menghidupi lampu darurat. Source

Tags

Labels

Blog Archive

Archives