Follow Us Now On Twitter

Thursday, February 16, 2012

Balon Buatan Chef Grant Achatz Bisa Dimakan

11:00:00 AM

Jika biasanya balon terbuat dari karet yang diisi gas, balon yang satu ini berbahan gula yang bisa dimakan. Chef Grant Achatz sang penciptanya mengunggah video tentang edible balloon ini, dan menyita perhatian banyak media besar.

Publik mengetahui adanya balon unik ini dari postingan Achatz pada akun twitternya. Pada akun pribadinya @Gachatz, ia memasukkan link video tersebut dengan kata-kata “ide ini sudah mengambang selama bertahun-tahun, kami akhirnya dapat terwujud”, dan diikuti dengan link videonya yang berjudul “Edible Balloon”.

Pembuatan balon ini dilakukan di restoran milik Achatz, Alinea, yang berlokasi di Chicago. Prosesnya pun diabadikan dalam sebuah video yang menunjukkan bagaimana balon tersebut dibuat. Mulai dari gula yang sudah dicairkan diaduk kembali menggunakan sendok, dimasukkan dalam selang kecil, lalu diberi helium hingga akhirnya berbentuk bulat.

Setelah jadi, balon kemudian diikat dengan tali dan diberi pemberat di bawahnya. Untuk menyajikannya di depan customer, pelayan restoran akan membawa balon dengan bantuan penjepit.

Untuk memakannya ada dua cara. Pertama, tempelkan balon di mulut kemudian dipecahkan dengan mulut sambil menghirup heliumnya. Cara kedua, dengan memecahkannya menggunakan jarum. Jika menggunakan cara pertama, jangan kaget jika suara akan berubah kecil lucu seperti anak-anak ataupun tokoh kartun akibat pengaruh helium.

Grant Achatz adalah seorang chef sekaligus pemilik restoran yang telah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi, di antaranya Rising Star Chef of the Year Award dan juga Best Chef in United States. Achatz juga menjadi salah satu pemimpin Molecular Gastronomy yang menyelidiki perubahan kimia dan fisika makanan saat dimasak.

Source

Tags

Labels

Blog Archive

Archives