Follow Us Now On Twitter

Saturday, March 17, 2012

Harga BBM di Seluruh Dunia

10:13:00 AM

Harga minyak dunia sangat fluktuatif, maka banyak negara yang menetapkan harga BBM sangat mahal. Tapi ada beberapa negara menetapkan harga BBM murah karena mereka memiliki cadangan BBM yang besar. Namun ada juga negara-negara yang tak memiliki cadangan BBM melimpah, namun tetap memberi harga murah untuk rakyatnya. Berikut kita akan bahas menjadi 2 bagian, 5 Negara dengan harga BBM termurah dan 5 Negara dengan harga BBM termahal!

5 NEGARA DENGAN HARGA BBM TERMURAH 

5. Bahrain
BBM per liter: 0.19 EUR = 2,280.80 IDR!
Negara pulau kecil ini memiliki luas wilayah hanya 266 mil² (665 km²). Jika Anda memutuskan untuk berkendara di sekitar pulau Anda harus tahu bahwa perjalanan ini hanya sekitar 100 mil (161 km). Jadi mengapa tidak memberikan masyarakat BBM dengan harga murah? Berapa banyak BBM yang mereka perlu? Tidak ada tujuan yang berjarak jauh di pulau ini.

4. Qatar
BBM per liter: 0.17 EUR = 2,040.72 IDR!
Negara terkaya kedua didunia, wajar saja untuk menjual minyak yang mahal ke luar dan bukan ke dalam negri.

3. Arab Saudi
BBM per liter: 0.14 EUR = 1,680.59 IDR!
Ketika Raja Arab Saudi Abdullah melakukan kunjungan ke luar negeri biasanya ia pergi dengan 6 pesawat - 1 untuk dirinya dan anak-anaknya dan 5 untuk teman-teman dekatnya. Setiap orang mengetahui bahwa pesawat mengkonsumsi banyak bahan bakar! Seandainya mereka menurunkan harga sedikit lagi mungkin mereka akan mampu untuk membawa pesawat pribadi ke-7 Boeing 747.

2. Iran
BBM per liter: 0.09 EUR = 1,080.38 IDR!
Dengan tingkat produksi seperti sekarang diperkirakan Iran akan kehabisan minyak dalam 74 tahun. Mungkin mereka mencoba untuk menghabiskan lebih cepat dengan memberi harga sangat murah.

1. Venezuela
BBM per liter: $ 0,05 = Rp.585,-!
Venezuela dipimpin oleh Presiden Hugo Chávez - cukup terkenal untuk orang-orang yang mengikuti politik internasional. Seorang sosialist. Ia melakukan hampir apapun yang ia pikir membantu rakyatnya untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Tentunya dengan harga BBM yang murah, akan lebih mudah rakyat memilih dia kembali pada pemilu.

*Harga per liter bensin tanpa timbal, Maret 2012. Harga dalam sen euro. 

Setelah beberapa saat kita membahas negara-negara yang memiliki harga bensin termurah di dunia maka kini yang kita bahas adalah 5 tempat di dunia yang memiliki harga bensin tertinggi di dunia.

5 NEGARA DENGAN HARGA BBM TERMAHAL 

5. Amsterdam, Belanda
BBM per liter: 1.80 EUR = 21,607.58 IDR!
Amsterdam telah sejak lama menjadi kota pejalan kaki sehingga harga Rp. 21.607 untuk satu liter bensin tidak akan memperlambat laju ekonomi di kota ini. Sepeda dan transportasi umum telah menjadi moda transportasi pilihan utama di kota yang indah ini.

4. Kopenhagen, Denmark
BBM per liter: 1.80 EUR = 21,607.58 IDR!
Harga bensin di Kopenhagen Denmark dijual dengan harga Rp. 21.607 per liter bensin. Tinginya harga bensin di Kopenhagen Denmark membuat warganya malas untuk memiliki kendaran pribadi. Warga lebih banyak memilih untuk berjalan kaki atau mengunakan kendaraan umum untuk bepergian.

3. Milan, Italia
BBM per liter: 1.81 EUR = 21,727.62 IDR!
Ratusan pengemudi truk di Italia sempat berunjuk rasa dengan memblokade sejumlah jalan di pusat-pusat kota akibat kebijakan kenaikan harga bensin yang dilakukan pemerintah. Kebijakan ini diberlakukan pemerintah sebagai salah satu upaya penghematan dan merupakan bagian dari paket liberalisasi pemerintah Italia untuk meyakinkan investor, terkait dengan strategi mengatasi utangnya.

2. Oslo, Norwegia
BBM per liter: 1.88 EUR = 22,567.91 IDR! 
Karena pajak bahan bakar minyak yang diterapkan Uni Eropa, maka masyarakat Oslo harus membayar sekitar Rp 22.567 untuk satu liter bensin. Yang perlu kamu ketahui, bahwa negara ini mendapatkan pemasukan yang sangat besar dari sektor ekspor minyak.

1. Istanbul, Turki
BBM per liter: 2.24 EUR = 26,889.43 IDR!  

Kota ini menawarkan harga bensin tertinggi di dunia dengan harga sekitar Rp.26.889 per liter. Tinginya harga ini disikapi oleh Walikota dengan merencanakan untuk menciptakan sebuah merek bahan bakar dengan harga ekonomis dan rantai pom bensin yang berlokasi di seluruh kota. Source

Tags

Labels

Blog Archive

Archives