Follow Us Now On Twitter

Wednesday, May 16, 2012

Fakta-fakta "Blackbox" atau Kotak Hitam

7:00:00 PM

1. David Warren adalah seorang ilmuwan Australia, yang terkenal karena menciptakan dan mengembangkan perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit (juga dikenal sebagai FDR dan CVR, atau "kotak hitam").

2. Kotak hitam atau black box sendiri adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi - umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

3. Flight Data Recorder (FDR) bertugas mencatat berbagai parameter yang terkait dengan operasi dan karakteristik penerbangan pesawat. FDR juga berfungsi mencatat data dari sejumlah sensor untuk memantau informasi; percepatan, kecepatan, ketinggian, posisi kontrol kokpit, termometer, pengukur mesin, aliran bahan bakar, permukaan atur posisi, status autopilot, beralih posisi, dan berbagai parameter lainnya. Kebanyakan parameter direkam beberapa kali per detik.

4. Cockpit Voice Recorder (CVR) berisi rekaman suara awak pesawat, suara mesin, dan bunyi lainnya.

5. Dalam penyelidikan kecelakaan Trans Australia Airlines Penerbangan 538 tahun 1960, hakim penyelidikan sangat menyarankan bahwa perekam penerbangan dipasang di semua pesawat. Australia menjadi negara pertama di dunia untuk membuat rekaman penerbangan wajib di pesawat.

6. Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini bagian inilah yang relatif utuh dan tak hancur.

7. Istilah kotak hitam muncul ketika selepas pertemuan mengenai perekam penerbangan komersial pertama yang dinamai "Red Egg" karena warna dan bentuknya, seseorang berkomentar: "Ini adalah kotak hitam yang menakjubkan".

8. Perekam ini secara umum tidak berwarna hitam, namun biasanya oranye terang karena ditujukan agar mudah dicari dan ditemukan setelah terjadi suatu insiden.

9. Semua pesawat komersial berbadan besar dan pesawat komersial yang lebih kecil atau milik korporasi (perusahaan), serta pesawat pribadi diwajibkan oleh hukum untuk membawa satu atau dua kotak yang umumnya berharga antara US$ 10.000 dan US$ 15.000.

10. Black Box didesain tahan terhadap suhu hingga 1.100 celsius.

11. Crash Survivable Memory Unit (unit memori tahan-benturan) berisi papan memori dikelilingi oleh isolasi termal baju besi dan baja yang dapat menahan dampak kecelakaan ribuan kali gaya gravitasi, dan bertahan di laut pada kedalaman 14.000 - 20.000 kaki (4267 m - 6096 m).

12. Black Box pesawat dilengkapi underwater locator beacon yang berfungsi memancarkan perekam ultrasonik dan Sinyal dapat mencapai permukaan dari kedalaman 14.000 kaki.

13. Alat perekam dalam penerbangan ini, Flight Data Recorder (FDR) atau Cockpit Data Recorder (CDR), umumnya menggunakan pita perekam selayaknya kaset pada tape recorder. Namun perkembangan baru, kini telah digunakan FDR atapun CDR yang merekam menggunakan chip memory khusus.

Follow Us On Twitter: @infobaris

Tags

Labels

Blog Archive

Archives