Follow Us Now On Twitter

Thursday, May 17, 2012

Mengenal Pak Kasur dan Bu Kasur

11:20:00 AM

Kita pernah memiliki pencipta lagu anak yang baik. Lagu mereka tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik kita untuk berbudi luhur. Lewat lagu-lagunya, kita tahu, betapa mereka mencintai kita semua. Lagu-lagu mereka terus diyanyikan sampai sekarang. Karena itu kita perlu mengenangnya. Diantaranya adalah Pak Kasur dan Bu Kasur.

1. Pak Kasur

Soerjono atau biasa dipanggil Pak Kasur (Purbalingga, Jawa Tengah, 26 Juli 1912 - 1992) adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia. Ia juga memandu acara Taman Indria di TVRI stasiun pusat Jakarta. Namanya berasal dari julukan "Kak Soer" yang biasa digunakan oleh anak buahnya di Gerakan Kepanduan. Nama ini lama-lama berubah menjadi "Kasur" dan "Pak Kasur". Istrinya Ibu Kasur (Sandiah) juga memandu acara itu.

Ia mulai menjadi guru di HIS Ardjoena School, Bantul, Yogyakarta. Kemudian ia melanjutkan pendidikan di HIK, Bandung. Setelah Indonesia merdeka ia mengasuh acara anak-anak di RRI, dan menciptakan beberapa lagu seperti Naik Delman, Bangun, Sepedaku, dan lain-lain.

Ia juga sempat menjadi Sekretaris Badan Sensor Film.

2. Bu Kasur

Sandiah atau lebih dikenal dengan nama Ibu Kasur (Jakarta, 16 Januari 1926 – Jakarta, 22 Oktober 2002) adalah pembawa acara Taman Indria di TVRI dan juga pendiri TK Mini di Jakarta. Ia mendapat julukan Ibu Kasur karena suaminya (Soerjono) dipanggil Pak Kasur.

Bu Kasur adalah tamatan Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO). Ia dan suaminya bertemu karena sama-sama anggota Kepanduan Indonesia. Mereka menikah di Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 1946 dan dikaruniai lima anak: Sursantio, Suryaningdiah, Suryo Prabowo, Suryo Prasojo, dan Suryo Pranoto.

Beberapa lulusan TK Mini yang terkenal adalah mantan presiden Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman dan Ateng. TK ini didirikan pada tahun 1965.

Source: Wikipedia.

Follow Us On Twitter: @infobaris

Tags

Labels

Blog Archive

Archives