Follow Us Now On Twitter

Thursday, May 19, 2011

Mengapa Ingus Muncul?

10:12:00 AM

Kondisi cuaca yang tidak menentu sekarang ini membuat tubuh seseorang mudah terserang penyakit, dan yang paling happening mungkin FLU. "Srat srot srat srot" itulah suara orang yang sedang mengeluarkan lendir dalam hidungnya, biasa kita sebut ingus. Lalu mengapa ingus bisa muncul?

Ingus merupakan cairan yang berasal dari saluran pernafasan kita mulai dari hidung hingga saluran nafas bawah (bronkiolus), khusus untuk ingus yang kita kenal itu terletak di daerah hidung hingga nasofaring selebihnya kebawah kita kenal dengan dahak.

Di saluran nafas kita terdapat sel-sel yang dapat mengeluarkan cairan yang berfungsi untuk menjaga / mengatur suhu dan kelembaban udara yang kita hirup dengan cara melembakannya ketika udara masuk melalui hidung (itu sebab nya mengapa bernafas via hidung lebih baik dari pada via mulut).

Fungsi terpenting lainnya adalah menyaring serta membungkus benda2 asing yang masuk seperti bakteri, virus dan bahan alergen lainnya karena di dalam kelenjar hidung tersebut banyak mengandung sel2 pertahan tubuh dan mengandung Immunoglobulin A yang dapat membunuh kuma yang masuk. Jadi saat benda2 asing tersebut masuk sel-sel itu akan meningkatkan produksi kelenjar tadi, yang akan kita rasakan bila kita mulai terserang pilek atau apapun juga yang dapat merangsang kelenjar ingus tersebut (asap, bau2 parfum dll). Selain itu bisa juga akibat emosi, saat mengantuk, bosan atau grogi/stress. Jadi begitulah kira-kira ingus muncul. *srot srat srot srat sroooott* Source

Tags

Labels

Blog Archive

Archives