Follow Us Now On Twitter

Sunday, September 18, 2011

Makin Langsing dengan Bangun Pagi

12:13:00 AM

Sulit untuk bangun pagi? Mungkin kalau Anda tahu bangun pagi bisa membuat tubuh lebih langsing, akan jadi lebih mudah. Faktanya memang demikian, seseorang yang bangun pagi, tubuhnya lebih sehat, perasaannya lebih bahagia dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Hal itu menurut penelitian yang dilakukan tim dari Roehampton University, Inggris. Penelitian ini melibatkan 1.086 orang dewasa. Mereka diberikan pertanyaan seputar level kebahagiaan dan kecemasan, terkait kesehatan fisik, termasuk kebiasaan makan dan tidur.

Dari hasil survei diketahui ada dua kelompok, yaitu 'orang pagi' dan 'orang malam'. Kelompok yang termasuk dalam 'orang pagi' adalah mereka yang rata-rata bangun sekitar pukul 06.57, sementara 'orang malam' cenderung menunggu hingga pukul 08.54 untuk memulai hari.

Pada akhir pekan, kedua kelompok tersebut menikmati sekitar satu jam ekstra untuk tidur. Bagi 'orang pagi' tidur hingga pukul 07.47 dan 'orang malam' bangun pada pukul 10.09.

"Ada orang pagi dan orang malam. Orang-orang yang bangun lebih pagi cenderung lebih sehat, bahagia, serta memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah," kata Dr. Joerg Huber, seperti dikutip dari Daily Mail.

Bagi Anda yang termasuk 'orang malam', menurut Huber, juga memiliki keuntungan. Yaitu, tidak mengalami masalah ketika harus bekerja hingga larut malam. Survei juga menemukan bahwa orang yang menonton televisi dalam waktu lama lebih mungkin untuk melewatkan sarapan. Ini bisa jadi karena mereka mengonsumsi lebih banyak camilan saat malam, dan tak terlalu lapar saat pagi hari. Source

Tags

Labels

Blog Archive

Archives