Follow Us Now On Twitter

Friday, January 20, 2012

5 Fakta Tentang Air Putih

1:00:00 PM

Karbohidrat, lemak, protein dan gula selalu menjadi pemicu diskusi kesehatan yang heboh, tapi air putih bagaimana? Banyak orang bilang bahwa dalam 1 hari anda sebaiknya minum 8 gelas sehari. Tapi itu nonsense. Loh, masa sih? Berikut 5 fakta tentang air putih yang mungkin belum anda baca sebelumnya.

Fakta 1 : Kebutuhan cairan tidak sama dengan kebutuhan air
Menurut Institute of Medicine, wanita yang berumur 19 tahun keatas, membutuhkan 2.7 liter cairan setiap hari (11 gelas) dan pria 3.7 liter (15 gelas). Tapi itu adalah total cairan, bukan hanya air putih dan makanan yang mengandung beberapa cairan didalamnya. Contoh : 1 botol nonfat yogurt terdiri dari cairan, semangka dan pisang yang kelihatannya tidak ada sama sekali cairan didalamnya mengandung cairan. Jadi, setelah perhitungan yang signifikan 8 gelas untuk 1 hari kemungkinan tidak cukup.

Fakta 2 : Kita tidak minum minuman yang benar
Penelitian membuktikan bahwa kebanyakan orang minum sekitar total 2 liter minuman/hari. Tetapi kurang dari 1/4nya bukan berasal dari air. Secara teknis, minuman bersoda dimasukkkan dalam perhitungan 2 liter ini. Artinya, kita akan menjadi lebih sehat apabila kita minum air putih lebih banyak, bukan soda.

Fakta 3 : Kopi juga dapat dimasukkan dalam kebutuhan cairan anda
Kafein bersifat diuretik, yang berarti dapat menjadi pemicu 'kehilangan cairan'. namun, riset terbaru mengatakan bahwa jika setelah 5 hari anda secara konsisten mengkonsumsi kafein, tubuh kita akan menyesuaikan dan tidak akan 'kehilangan cairan'. Tapi rahasianya adalah selalu konsisten dijumlah yang sama setiap harinya. Jika tidak konsisten, efek diuretik ini akan anda alami.

Fakta 4 : Minum lebih banyak air putih dapat menurunkan berat badan
Anda mungkin berpikir minum banyak air akan membuat kembung, namun ternyata hal ini berguna untuk meluruhkan natrium keluar dari tubuh, mengurangi efek kembung. Cobalah untuk untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Ganti minuman ringan dan minuman manis lainnya dengan air. Menjaga terhidrasi dengan baik juga berarti kecil kemungkinan menjadi lapar, karena rasa haus sering disalah artikan sebagai lapar dan menyebabkan anda makan makanan ringan yang bergula.

Fakta 5 : Air putih sangat menjenuhkan
Cobalah untuk menambahkan bahan yang lain didalam air putih anda seperti lemon, jahe parut atau campur dengan jus favorit anda. Source

Tags

Labels

Blog Archive

Archives