Follow Us Now On Twitter

Thursday, May 10, 2012

5 Buku Terkecil di Dunia

8:15:00 AM

Ingat jaman SMA atau kuliah dimana Anda mungkin membuat contekan? Hurufnya pasti dibuat kecil sedemikian rupa tapi tertata dengan rapih. Kalau memang Anda mahir membaca huruf yang kecil-kecil, ini tantangan buat Anda! Membaca dari buku-buku terkecil di dunia! Berikut 5 buku yang disebut-sebut buku terkecil di dunia saat ini. Kelima buku ini membutuhkan sebuah jarum untuk memindahkan halaman dan teropong agar bisa membaca tulisannya, bahkan ada yang harus menggunakan peralatan canggih untuk melihatnya.

5. The World’s Smallest Book

Buku berjudul The World’s Smallest Book ini di produksi di Jerman tahun 2001 yang berisikan alfabet berwarna-warni. Buku ini berukuran 2,4 mm x 2,9 mm.

4. Old King Cole
Buku ini berukuran 1.01 mm x 1.01 mm. Buku ini bagian dari koleksi U.S. Library of Congress.

3. Chekhov’s Chameleon
Chekhov’s Chameleon versi Anatoly Ivanovich Konenko ini mempunyai ukuran 0.9 mm x 0.9 mm, memiliki 30 halaman, dan mencakup tiga sisi berwarna ilustrasi. Absolutely amazing!

2. Kobzar
Buku Kobzar karya Taras Shevchenko ini berukuran 0,6 mm x 0,6 mm. Buku ini memiliki dua belas halaman dengan puisi Shevchenko dan ilustrasinya. Benang jaring laba-laba digunakan untuk menjahit halaman bersama-sama.

1. Teeny Ted from Turnip Town
Teeny Ted from Turnip Town adalah judul buku yang dibuat oleh Nano Imaging Laboratory di Universitas Simon Fraser yang di publikasijan tahun 2007. Buku ini berukuran 0.07 mm x 0.10 mm, yang terdiri dari 30 mikrotablet. Isinya adalah cerita dongeng tentang "Kemenangan Teeny Ted dalam kontes lobak di pasar malam tahunan" yang ditulis oleh Malcolm Douglas Chaplin.
Source

Tags

Labels

Blog Archive

Archives