Follow Us Now On Twitter

Saturday, September 10, 2011

Koin Rp2.000 Di Piala Dunia 1974

12:44:00 AM

Bagi Indonesia, sosok Jack Taylor akan selalu dikenang tidak hanya untuk memimpin final 1974, tetapi juga karena koin yang digunakannya. Taylor menggunakan koin Rp2.000 keluaran Bank Indonesia (BI) sebagai pengundi antara kapten tim Franz Beckenbauer (Jerman) dan Johan Cruyff (Belanda), sebelum pertandingan dimulai untuk menentukan siapa pemegang bola.

Koin yang digunakan Taylor adalah koin khusus yang dibuat BI dengan organisasi konservasi dunia (IUCN) dan Institut untuk Konservasi Alam (WWF). Dana penjualan koin ini diperuntukan untuk menyelamatkan hewan langka di Indonesia. Koin seberat 25,31 gram yang dikeluarkan pada tahun 1974 itu memiliki dua sisi, yaitu gambar garuda dengan teks Bank Indonesia dan Harimau Jawa pada gambar sisi lain.
Taylor adalah satu dari tiga orang yang diberi uang logam itu karena ia dianggap memiliki layanan besar sebagai wasit dunia. Taylor memilih uang itu karena terlihat menarik dan beratnya sangat pas.

Menariknya, uang itu membuat Beckenbauer penasaran. Ketika babak pertama istirahat, sepak bola legendaris Jerman yang hidup ini mendekati Taylor untuk melihat koin Indonesia itu dan bertanya mengapa Taylor sebagai orang Inggris menggunakan koin Indonesia bukan koin asal negaranya. Taylor pun tidak menjawab dan hanya memberikan senyum ke wajah penasaran Beckenbauer.

Pada tahun 2006, koin yang bersejarah ini dilelang dengan harga mencapai 150 juta. Source

Tags

Labels

Blog Archive

Archives